Belok Kiri Jalan Terus

Beberapa hari yang lalu, saya dan seorang teman naik motor dari kampus melewati perempatan Balubur yang terletak di bawah jalan layang Pasupati Bandung. Karena lampu lalu lintas masih menunjukkan tanda berhenti, saya lalu berhenti di belakang garis bagian sebelah kiri jalan untuk siap belok jika lampu hijau menyala.
Nah, pada saat menunggu, datang angkutan kota (angkot) dari arah belakang. Seakan tidak sabar, angkot tersebut membunyikan klakson berulang-ulang secara terus-menerus sampai akhirnya saya harus memajukan motor cukup jauh sampai melanggar garis untuk membiarkan angkot tersebut lewat. Tidak hanya di situ, ketika lewat, sang supir angkot dengan wajah yang terlihat geram melihat dan melotot ke arah saya.

Saat masih kecil, mungkin sampai sekarang, betapa malunya saya ketika berbuat kesalahan atau melanggar peraturan. Masih segar ingatan pada saat taman kanak-kanak dimana saya bisa sangat malu hanya karena tidak menggunting kuku jari setiap hari Senin.

Namun ternyata, karakter masyarakat seakan tidak bisa seenaknya digeneralisasi dengan meninjau pemikiran pribadi. Tetapi tetap saja, hal tersebut membuat keprihatinan luar biasa. Bagaimana tidak, peraturan seakan sangat mudah dilanggar tanpa rasa malu sedikitpun. Bahkan yang lebih parah lagi, mereka menganggap “bodoh” orang yang tidak melanggarnya.

Mungkin itulah realitas secuil masyarakat kita, kecil namun bisa menggambarkan sesuatu yang lebih besar. Saya pun sejujurnya takut akan kehilangan idealisme jika sudah berada dan menjadi bagian dari masyarakat secara luas. Ya, setidaknya dengan melihat, mengingat, dan meresapi dalam diri, hal ini bisa menjadi investasi untuk memperkuat tembok idealisme yang katanya kekuatan dari seorang mahasiswa. (NL)

Tinggalkan Balasan

