Catatan Si Anak 21 Tahun

31 Agustus 2011, bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1432H yang ditetapkan pemerintah, genaplah jg umur seorang anak menjadi 21 tahun. 21 tahun adalah umur yang katanya merupakan gerbang antara remaja menjadi dewasa. Ini berarti si anak ini bakal memegang tanggung jawab yang lebih besar dibanding sebelumnya. Tanggung jawab di keluarga, lingkungannya, dan di masyarakat tempatnya ia berada.

Memasuki umurnya yang ke-21 ini, ia sangat sangat bersyukur kepada Tuhan atas segala yang telah diberikan-Nya selama setahun terakhir. Sejak memasuki umur kepala-2, setiap hari ia lalui dengan sangat berarti, penuh dengan pengalaman, pembelajaran, dan dinamika yang membuat sang anak ini semakin bisa mengembangkan dirinya. Rasanya berkat Tuhan kepadanya sungguh teramat besar sampai ia sendiri bingung harus meminta apa lagi dari Tuhan yang telah memberikan segalanya kepada dia🙂

Namun, ia mulai berpikir, jika Tuhan, keluarga, dan lingkungan sekitarnya telah begitu baik dan memberikan begitu banyak kepadanya, apakah ia telah memberikan banyak juga kepada mereka? Jangankan memberikan, apakah ia telah berbuat baik dan memperhatikan mereka? Memperhatikan Tuhan, memperhatikan keluarga, berbuat baik kepada lingkungan? Sebuah tanda tanya besar.

Di situlah ia lalu mulai merenung untuk merefleksikan dirinya sendiri dan berpikir apa yang harus terus dilakukan olehnya di gerbang kedewasaan ini. Lalu ia mencoba membuat resolusi-21-tahunnya yaitu: terus berusaha mendekatkan diri dengan Tuhan, keluarga, dan lingkungan sambil mencoba untuk terus memperbaiki diri sendiri sehingga dapat berbuat sesuatu berarti untuk orang-orang di sekitarnya.

Ia pun menyadari mungkin resolusi ini terdengar retoris dan sedikit klise. Namun, yang terpenting baginya adalah selama ia terus menerus mencamkan hal tersebut dalam dirinya, ia pasti bisa menjalani umur yang baru ini dengan jauh lebih baik lagi. (NL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s