Hope

Seorang sekretaris, diceraikan suaminya dan memiliki seorang anak, menulis sebuah karya sastra demi mengisi waktunya di kereta dan cafe. Cobaan hidupnya tidak mudah, namun ia tetap tegar dan memiliki semangat untuk terus berkarya.
Ketika novel yang ia tulis sudah selesai, ia lalu berjalan dari penerbit ke penerbit dan terus-menerus menerima penolakan bahkan ejekan terhadap karyanya yang dinilai tidak memiliki nilai jual. Ia harus bertemu dengan 12 penerbit (yang berarti 12 kali penolakan) sampai akhirnya ia menemukan penerbit kecil ke-13 yang mau menerima karyanya untuk diterbitkan. Bahkan penerbit itu pun masih meragukan karyanya walaupun akhirnya mereka terbitkan karena disertai rasa kasihan terhadap kondisi sekretaris ini.
Novel itu lalu menjadi novel terlaris sepanjang sejarah manusia dan disebut-sebut sebagai salah satu buku yang mengubah dunia.

Kegagalan bukan berarti membuang keberhasilan. Kegagalan adalah landasan untuk menuju keberhasilan.
J. K. Rowling

Ada satu yang jauh lebih buruk dari kegagalan, yaitu takut akan kegagalan. Takut akan kegagalan akan membuat seseorang tidak berani bahkan hanya untuk mencoba sesuatu. Takut akan gagal menyebabkan takut untuk mencoba yang berarti tidak akan pernah memperoleh keberhasilan. Satu hal yang membuat seorang manusia menjadi manusia seutuhnya, yaitu, harapan. (NL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s