Jalan Rusia

Sulit rasanya menemukan jalan di Bandung (dan sama hampir di seluruh Indonesia) yang baik. Jangankan mengharapkan yang benar-benar mulus, yang bergelombang saja sudah sukur dibandingkan yang berlubang. Sebenarnya bukan masalah kenyamanan lagi yang mengelitik pikiran, namun karena jalan-jalan itu hampir setiap tahun diperbaiki dan hampir setiap tahun pula rusak, bahkan banyak jalan di Bandung yang hanya berumur 2-3 bulan sebelum kembali berlubang. Lalu muncul pertanyaan, apakah memang pekerjaan membuat jalan itu teramat sulit sehingga tidak memungkinkan membangun jalan yang kuat?

Pertanyaan tersebut jangan dijawab sebelum mendengar cerita tentang sebuah jalan di Kalimantan. Jalan itu adalah jalan yang dibangun pada masa pemerintahan Bung Karno yang merupakan bentuk bantuan yang dilakukan pemerintah Rusia (Uni Soviet) pada waktu itu untuk Indonesia pada tahun 1960an. Dan sama seperti jalan Anyer-Panarukan yang dibangun Daendels pada jaman Belanda, jalan ini masih ada sampai sekarang dan disebut dengan Jalan Rusia. Jalan ini menghubungkan kota Palangkaraya dengan Tangkiling (Kalimantan Tengah) dengan panjang 34km.

Jalan Rusia ini, disebut-sebut sebagai jalan terbaik di Indonesia. Mengapa? Percayakah bahwa sejak jalan ini dibangun, konon jalan ini tidak pernah rusak (atau berlubang) sekalipun. Padahal, jalan yang kabarnya sangat mulus ini sudah berumur tidak kurang dari 50 tahun dan tidak hanya di situ, jalan ini dibangun di atas lahan gambut yang cenderung lebih sulit dalam pembangunannya daripada lahan-lahan yang ada di Jawa dan Sumatera.

Sekarang muncul pertanyaan, di saat putra-putri Indonesia bisa membuat jembatan terpanjang di Asia Tenggara (Suramadu), apakah kurang cerdas ahli-ahli sipil Indonesia untuk membangun sekedar jalan raya biasa layaknya Jalan Rusia seperti 50 tahun yang lalu?
Pasti bukan itu jawabannya. (NL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s