Amazon Kindle Review

Sekitar awal tahun 2011 ini, lagi asik-asik browsing, bener-bener kepincut oleh sebuah gadget di web Amazon yang bernama Kindle. Kindle ini adalah perangkat pembaca buku elektronik (e-book reader) yang memiliki kelebihan terletak pada layarnya yang sama sekali tidak mengeluarkan cahaya layaknya LCD (atau hampir semua layar perangkat elektronik sekarang ini). Layar ini menggunakan teknologi baru yang bernama e-ink. Untuk spesifikasi lebih lanjut Kindle juga bisa diliat di sini.

Ketika awal-awal menggunakan, kaget, karena gadget ini benar-benar berbeda dengan semua gadget yang ada terutama memang pada layarnya. Dikarenakan layarnya tidak mengeluarkan cahaya sama sekali, kita bisa sangat nyaman membaca ebook selama berjam-jam layaknya membaca buku. Ditambah lagi bobotnya yang lebih ringan, lebih tipis dan lebih kecil daripada novel kebanyakan.

Dengan kapasitas memory-nya yang mencapai 4GB, Kindle sudah cukup menampung ratusan buku yang berformat PDF, MOBI, DOC, TXT bahkan JPEG untuk yang suka membaca Manga Scan. Disini, MOBI merupakan format khusus Kindle dimana buku yang berformat MOBI ini memang sudah dioptimalisasi untuk Kindle (ebook reader) sehingga bersar tulisan, tampilan, dll bisa diatur sesuai kebutuhan dengan rapih.

Namun, kekurangan Kindle adalah layarnya yang tergolong kecil. Ini sedikit bermasalah jika kita membuka buku dengan format PDF, format tersebut tidak bisa diperbesar tulisannya (tidak seperti MOBI) sehingga halaman ebook yang seperti kita buka di komputer akan dikecilkan hingga sebesar layar Kindle (6″). Ini tentu tergantung jenis ebook-nya dan kebiasaan juga, namun, jika memang aslinya ebook tersebut memiliki ukuran tulisan yang kecil, akan sedikit kesulitan untuk dibaca jika dimasukkan ke Kindle. Ini salah satu kekurangan Kindle yang paling krusial menurut saya, walaupun sebenarnya sudah terdapat program konversi dari PDF ke MOBI, namun pasti ada format-format halaman yang berubah ketika dikonversi (tidak begitu rapih) tidak seperti ebook yang memang diformat MOBI dari awal.

Jika sebelumnya bicara kekurangan, kelebihan Kindle tentunya banyak. Berikut beberapa kelebihan utama Kindle yaitu:

  1. Tentu saja layarnya yang layaknya kertas (e-ink), tidak mengeluarkan cahaya seperti LCD, berwarna natural seperti buku yang menyebabkan tidak membuat mata lelah dalam membacanya
  2. Fisiknya yang lebih tipis dan ringan daripada sebuah novel kebanyakan
  3. Sangat-sangat irit daya, baterainya hanya perlu dicharge sekitar 2-3minggu sekali dalam pemakaian normal 1-5jam setiap hari. Dan karena iritnya daya yang digunakan, Kindle ini tidak pernah panas jika digunakan dalam waktu yang lama.
  4. Bisa mengaktifkan fitur Text-to-Speech untuk membacakan tulisan di halaman ebook yang dapat didengarkan lewat speaker yang ada maupun earphone.
  5. Mudah digunakan dan disinkronisasi dengan komputer (disarankan menggunakan program Calibre untuk pengelolaan ebook agar jauh lebih mudah lagi)

Itulah kelebihan-kelebihan utama Kindle. Namun, ternyata Kindle memunyai fitur tambahan yang mereka sebut fitur experimental (masih belum sempurna) yaitu MP3 Player dan Browser. Semua Kindle juga pasti bisa mengaktifkan fitur Wi-Fi dan ada model tertentu ditambahkan fitur 3G yang dapat digunakan secara gratis seumur hidup walaupun sayangnya fitur 3G ini tidak dapat digunakan di Indonesia. Nah, jika kita berada di luar negeri (untuk yang 3G) atau berada di area hotspot terbuka (tanpa proteksi password), untuk semua Kindle dapat melakukan browsing lewat browser dari fitur experimental tadi. Walaupun hitam-putih dan fitur ini belum sempurna, ternyata browser Kindle dapat membuka semua halaman web dalam mode desktop biasa bahkan halaman dengan Flash maupun JavaScript sekalipun.

Ya, secara garis besar untuk seharga ini, Amazon Kindle ini sangat worth it untuk dimiliki. Apalagi yang memang memiliki hobi membaca buku (ebook), novel, maupun mangascan. (NL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s