Jakarta Founder Institute

Kemarin, Sabtu 10 September 2011, saya dan beberapa teman Techno Entrepreneur Club ITB mendapatkan kesempatan meeting sama salah seorang Director dari Founder Institute Jakarta, Pak Novistiar, untuk sosialisasi FI ke TEC. Beliau memperkenalkan apa itu FI dan bagaimana Jakarta FI. Nah, daripada infonya disimpen sendiri, kali ini saya bagiin nih ke temen2 ttg Jakarta FI.

Founder Institute ini sendiri adalah sebuah program yang asalnya dibuat di Silicon Valley (Amerika) pada tahun 2009 yang berisi program mentoring calon-calon pengusaha start-up dalam bidang teknologi digital. FI sudah ada di lebih dari 20 kota di seluruh dunia dengan ratusan lulusan. Namun, untuk menjadi seorang lulusan FI, proses mulai dari seleksi awal program sampai kelulusannya tidak mudah loh. Dari pertama, orang yang ingin masuk pun diseleksi dengan sangat ketat berdasarkan kepribadian dari orang itu sendiri, karena menurut Pak Novistiar, baik tidaknya seorang start-up sangat dipengaruhi dari siapa yang menjalankannya disamping idenya. Dan jika masuk ke FI, ide akan diolah lebih lanjut sehingga itu tidak menjadi kriteria utama di sini. Lumayan beratnya syarat lulus dari FI ini juga memengaruhi kesulitan untuk lulus dari sini. Tapi pastinya, sulitnya itu berbanding lurus dengan kualitas dan isi dari FI ini sendiri. Beliau juga memberi tahu bahwa hampir semua lulusan FI yang ada, dapet funding sampai jutaan dollar dari investor.

Nah, dikarenakan potensi luar biasa yang dimiliki Indonesia dan didukung oleh belum adanya iklim digital start-up di Indonesia. Maka dibuatlah Jakarta Founder Institute. Di Jakarta FI ini, bakal ada banyak mentor-mentor keren yang bakal ngebimbing semua peserta mulai dari bagaimana mencari ide, matengin ide tersebut menjadi konsep yang jelas dan baik, sampai ke tahap pitching ke investor-investor besar. Mentor-mentor yang bakal ngebimbing juga ga maen-maen, mulai dari foundernya Detikcom sampe foundernya Mig33 (aplikasi chatting) yang didatengin langsung dari Amerika.

Sayangnya, FI ini menuntut peserta benar-benar fokus sehingga persyaratan minimalnya kita harus udah mau lulus kuliah sehingga jika nanti dapet funding dari investor, kita harus siap ninggalin semuanya untuk fokus di start-up kita. Ya, mungkin temen-temen semua yang bisa ikutan ini, jangan sia-sia-in kesempetan ini.

Masih penasaran? Langsung aja masuk ke website Jakarta Founder Institute. (NL)

One thought on “Jakarta Founder Institute

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s