Kuliah di Universitas Dunia dari Depan Komputer

Mungkin sebagian kita bermimpi untuk menghadiri kelas kuliah di universitas skala dunia seperti Harvard, Standford, Oxford, dll. Padahal, kecanggihan teknologi seperti sekarang ini udah bisa loh mengakomodasi sedikit rasa penasaran itu. Ini juga baru saya sadari baru-baru ini, padahal fasilitas ini sudah ada sejak lama yang sebenarnya dapat kita manfaatkan.

Tahukah kalian bahwa Apple, lewat iTunes dan iStore-nya membuat satu kategori khusus di iStorenya yang bernama iTunes U. iTunes U (iTunes University) adalah kumpulan audio atau video rekaman dosen-dosen di berbagai universitas di dunia yang sedang mengajar mata kuliah tertentu atau sedang membahas suatu topik tertentu. Tidak tanggung-tanggung, dosen yang mengajar di situ adalah dosen-dosen ternama di universitas kelas top dunia juga. Tentunya, diperlukan kemampuan bahasa Inggris yang lumayan untuk mengikuti omongan dari mereka agar dapat dimengerti dengan baik.

Namun, yang menarik  di sini adalah, kita bisa melihat materi, suasana, dan metode mengajar di sana. Bagaimana dosen mengajar di sana, memberikan tugas, bagaimana mahasiswa di sana bertanya, dll. Secara garis besar sih tidak terdapat perbedaan luar biasa antara suasana belajar di Stanford contohnya dengan di ITB (yang saya bandingkan lewat video-video dengan yang saya rasakan sehari-hari). Namun yang menurut saya cukup berbeda adalah terlihat bahwa mahasiswa di sana (sangat) aktif dalam kehidupan akademik. Mereka sangat aktif bertanya di kelas dan uniknya, setiap dosen selalu memberi email dan seperti “jadwal piket” untuk mata kuliah tersebut berikut jadwal asisten dosennya juga dan tempatnya untuk memberikan kesempatan mahasiswa datang dan bertanya kepada mereka (dosen atau asisten) mengenai mata kuliahnya. Hal yang mungkin tidak pernah dilakukan (bertanya tentang pelajaran ke email atau mendatangi langsung dosen) setidaknya oleh saya selama 2 tahun ini saya kuliah, ya.. paling cuma nanya soal tugas atau jadwal doang, haha… (NL)

One thought on “Kuliah di Universitas Dunia dari Depan Komputer

  1. Yep! iTunes U bener2 bagus kalo emang serius dimanfaatin sama kita2 ini. Gak perlu ke luar utk belajar, asal kuat download dan rutin diliat video/podcast nya dan serap ilmunya. Bahkan gue duluu belajar dari podcast highschool disana :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s