Windows 8 Segera Datang…

Dulu, Microsoft membuat revolusi dengan membuat MsDOS yang menjadi sistem operasi luar biasa di dunia. Pada tahun 1994/1995, Microsoft kembali membuat gebrakan luar biasa dengan merilis Windows 95, OS pertama Microsoft yang menerapkan full Graphic User Interface (GUI) dalam pengoperasiannya (sebelumnya ada Windows 3.x yang menerapkan GUI namun tidak sepenuhnya dan tidak begitu sukses). Setelah itu, sistem operasi Windows berkembang dengan sangat luar biasa sampai sekarang ini. Walaupun fitur, tampilan, dan banyak lainnya berubah dan bertambah, namun secara garis besar OS Windows mulai dari 95, 98, 2000, Me, XP, Vista sampai 7 (Seven) sekarang itu sama. Tetap dengan tombol Start di pojok kiri bawah yang kalau diklik keluar menu, icon2 kotak2 di desktop, dan taskbar yang ada di bawah dengan jam dan tanggal di pojok sebelah kanan bawah. Sudah hampir dua dekade Microsoft terus menyempurnakan OS Windows yang dasarnya dari Windows 95 ini.

Namun, perubahan perlu dilakukan secepatnya karena komputer tengah berevolusi pula. Pada saat ini, format komputer tidak hanya dengan monitor-keyboard-mouse namun bisa berupa monitor saja yang dilengkapi fitur layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Itulah juga yang mendasari Microsoft harus merevolusi sistem operasinya. Dan baru-baru ini, di sebuah konferensi BUILD untuk para developer di Amerika, Microsoft meluncurkan Windows 8.

Windows 8 diakui Microsoft merupakan sebuah revolusi perubahan terbesar mereka layaknya pada saat berganti dari MsDOS menjadi Windows 95. Dari screenshot, tampilan Windows 8 yang disebut Metro ini memang benar-benar berbeda dari seluruh sistem Windows desktop yang pernah ada. Tampilan ini mirip dengan tampilan Windows Mobile 7 yang sudah lebih dulu dikeluarkan. Berbeda dengan kombinasi Mac OSX (Macintosh) dengan iOS (iPad/iPhone) yang cukup jauh berbeda walaupun dasarnya sama, Microsoft mendesain Windows 8 hampir sama persis antara versi desktop dengan tablet sehingga user tidak perlu beradaptasi lagi menggunakan dalam kedua sistem tersebut. Di Windows 8 ini, Microsoft sudah mengintegrasikan berbagai sistem menjadi satu seperti email, facebook, twitter layaknya smartphone.

Dari sisi teknis, Windows 8 ini dapat dijalankan baik dalam sistem x86 (PC kebanyakan saat ini) maupun sistem mobile dengan processor ARM (smartphone dan tablet kebanyakan saat ini). Uniknya, walaupun dengan perubahan yang sangat radikal, Microsoft menjamin aplikasi-aplikasi Windows 7 dapat berjalan dengan lancar di Windows 8 walaupun dengan perubahan dan penyesuaian user interface.

Berikut adalah beberapa fitur dari Windows 8:

  • Metro: gaya interface benar-benar baru untuk Windows yang menawarkan direct access ke aplikasi tanpa harus membukanya
  • Redesign Control Panel dan Task Manager: control panel dibuat lebih sederhana lagi dengan kustomisasi ala smartphone dan task manager dibuat lebih atraktif dengan informasi detil per aplikasinya
  • Dukungan Processor ARM: dengan ini Windows 8 tidak hanya dapat berjalan di sistem berprocessor Intel/AMD, tetapi juga di Qualcomm, nVidia, dan Texas Instrument
  • Refresh dan Reset: ini fitur untuk mengembalikan sistem ke kondisi tertentu, mirip Time Machine pada Mac OSX
  • Dukungan Teknologi NFC: dengan teknologi Near Field Communication ini, Windows 8 pada tablet contohnya dapat “mengambil” data dari sebuah kartu nama yang mendukung NFC hanya dengan mendekatkan tablet ke kartu nama tersebut. Atau misalnya dapat langsung berkomunikasi dengan smartphone yang juga mendukung NFC dengan mudah.
  • Windows Apps Store: layaknya Mac Apps Store, ini akan mempermudah pengguna Windows dalam mendownload dan membeli software yang ada
  • Booting Super Cepat: ini mungkin yang paling banyak ditunggu-tunggu, Microsoft berhasil mengembangkan teknologi booting yang benar-benar baru. Tidak ada layar hitam dengan berbagai tulisan aneh, tidak ada berlama-lama loading Windows, semuanya langsung instan! Bahkan Microsoft mengklaim bahwa proses booting Windows 8 dari tombol komputer dinyalakan sampai siap digunakan hanya di bawah 8 detik dan masih bisa lebih cepat daripada itu, apalagi untuk sistem yang memang mendukung penuh Windows 8, mereka mengatakan bahwa untuk menyalakan sebuah Windows bisa lebih cepat daripada menyalakan sebuah kipas angin.

Penasaran? Saat ini Windows 8 masih dalam tahap developer preview dan diproyeksikan akan rilis versi finalnya pada tahun 2012. Ya kita tunggu dan liat aja gebrakan Microsoft kali ini. (NL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s