Benci BlackBerry? Kenapa?

NL: Eh lu kenapa ga pake BB aja?
X: Ga ah, gw ga suka BB.
NL: Kenapa?
X: Ga’ pa pa, ga suka ajah…

Mungkin ga persis, tp ini inti percakapan yang sering saya alamin. Sebenernya, sampe sekarang masih ga tau kenapa banyak orang yang ga suka bahkan benci sama BB. Kalo benci sama orang yang makenya sih mungkin, karena saya pernah juga beberapa kali berhadapan sama orang yang kerjaannya liat layar BB sambil ngetik bahkan ketika diajak ngomong, nah kalo ini emang menyebalkan.

Karena penasaran, setiap kali ada yang ngomong ga mau make BB, saya langsung tanyain alesannya. Awalnya saya berpikiran mungkin karena pulsanya yang tergolong mahal (BIS Telkomsel sekitar 100rb per bulan), karena itu juga alesan saya waktu sekitar 2 tahun yang lalu ga jadi beli BB. Tapi ternyata, dari semua yang saya tanya, ga ada sama sekali yang alesannya itu.
Alesan paling banyak adalah… Ga tau.
Memang ada beberapa yang jawabannya bisa diterima seperti alesan ribut, mengganggu, dll. Ada juga yang jawab mulai dari lemot, sering hang, sampe susah dipakenya. Tapi kebanyakan yang saya tanya, orang itu sendiri tidak bisa mendefinisiin kenapa dia ga mau pakai BB.

Menurut saya pribadi, dari sisi kemudahan, tingkat kesulitan pengoperasian BB memang paling tinggi dibandingkan iPhone dan Android. Apalagi jika dibandingkan dengan Sony Ericsson (jaman dulu) dan Nokia yang sangat mudah dioperasikan. Juga dengan masalah lambat dan seringnya hang. Dari sisi software engineering, software BlackBerry merupakan software yang paling tidak stabil dan berat untuk dioperasikan dibanding iPhone (iOS), Nokia (Symbian), dan Android. Ini juga dipengaruhi oleh arsitektur pembuatan BlackBerry OS yang masih tidak sesempurna yang lain.

Namun, di atas itu semua, dari sisi fungsionalitas menurut saya BB sampai sekarang ini bisa dibilang tidak terkalahkan untuk di Indonesia yang koneksi internetnya memprihatinkan. Mengapa? Karena BB memiliki koneksi internet khusus direct access ke server BlackBerry sehingga dengan koneksi internet terbatas pun, masih didapat koneksi yang relatif lebih stabil jika dibandingkan dengan koneksi internet provider biasa. Hal ini didukung oleh dua faktor besar lainnya yaitu layanan push mailnya dan banyaknya pengguna BB di Indonesia. Dengan koneksi langsung ke server BB, layanan push mail menjadi begitu cepat dan mudah dan dengan banyaknya pengguna BB di Indonesia, layanan BBM menjadi begitu berguna dan menyenangkan. BBM menjanjikan layanan chatting dimana pengguna BB yang langganan paket BIS pasti akan senantiasa online di BBM sehingga tidak ada keraguan akan tidak dibacanya pesan yang kita kirim lantaran pengguna offline.

Hal konektivitas inilah yang belum tergantikan oleh smartphone kebanyakan. Mungkin jika beberapa tahun lagi internet Indonesia sudah nyaman untuk digunakan, barulah smartphone seperti iPhone dan Android dapat termaksimalkan penggunaannya dan dapat menyaingi BB dari sisi konektivitas dan fungsionalitasnya. (NL)

2 thoughts on “Benci BlackBerry? Kenapa?

  1. Kalo gw alesannya lain lagi nu. karena built quality-nya yang nggak baik. satu lagi, materialnya jelek banget.

    • maaf gan, kalo blackberry yang materialnya bagus ya blackberry porsche design p’9881.

      gw sangat benci blackberry !
      gw bisa ngejelasin secara detil !

      – Blackberry mahal
      – Fitur kutu
      – Ngandalkan BBM
      – Temen gw ngejek gw gak pake bb, padahal gw pake Xperia Neo L. tentu lebih bagus dari bb walaupun bb yang terbaik di antara segala bb ( walaupun sebenarnya bb gak ada yang baik )
      – Temen gw selalu gak tau dia ada dimana dan sama siapa jika sedang BBM-an
      – Layar kecil
      – Gampang hang
      – Batere lemah
      – Sinyal kutu
      – Gak ada yang AMOLED atau IPS-LCD
      – RAM kecil
      – CPU-nya masih dibawah 1,2 Ghz

Tinggalkan Balasan

