Keanehan di Sudut Gedung Informatika ITB

Di gedung informatika ITB (Labtek V a.k.a. Gedung Benny Subianto), terdapat suatu keanehan yang sampai sekarang saya sendiri juga belum mengetahui penjelasannya. Yaitu adanya ruangan (sangat) besar di pojok lantai 3 yang dipakai untuk seuatu aktivitas yang bernama Microsoft Innovation Center atau MIC.

Dulu, waktu jaman TPB, saya pernah melihat ruangan ini ketika praktikum PTI (Pengenalan Teknologi Informasi) dan cukup terkesima dengan adanya MIC ini. Yang terbayang oleh saya adalah jika saya masuk tingkat dua dan ke program studi Teknik Informatika atau Sistem dan Teknologi Informasi, pasti bisa difasilitasi untuk berinovasi menggunakan teknologi-teknologi Microsoft lebih jauh lagi. Dibayangan saya juga di ruangan ini ada banyak teknologi-teknologi mutakhir dari Microsoft.

Namun, setelah menjalani perkuliahan di sini, sampai tingkat tiga sekarang, ruangan yang besarnya sekitar dua kali rata-rata ruangan kelas di Labtek V ini justru serasa menjadi tempat yang benar-benar asing di mata saya. Saya tidak mengetahui sama sekali apa isinya, apa kegunaan dan manfaat langsungnya kepada minimal mahasiswa informatika di ITB. Yang saya tahu bahwa Microsoft biasa memilih MSP (Microsoft Students Partner) kepada beberapa mahasiswa untuk menjadi semacam ambassador dan mendapatkan banyak software gratis dari Microsoft, itupun hanya untuk segelintir (sangat) kecil mahasiswa. Sisanya? Saya tidak tahu.

Mungkin ini salah satu bentuk usaha untuk membuat informatika ITB terlihat lebih ‘keren’ dan inovatif. Namun usaha tersebut menurut saya tidak sebanding dengan apa yang dihasilkan karena pada kenyataannya memang tidak ada kegunaan berarti dari keberadaan MIC ini. Padahal, kalau melihat fasilitas Labdas 3 (tempat nge-net) dan ruangan-ruangan dosen, amatlah miris melihat adanya ruangan sebesar ini untuk suatu hal yang tidak jelas manfaatnya.

2 thoughts on “Keanehan di Sudut Gedung Informatika ITB

  1. fantastic publish, very informative. I wonder why the
    opposite specialists of this sector don’t understand this. You must proceed your writing. I’m confident, you have a huge readers’ base already!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s