Ingatan Mimpi

Kemarin, saya sama temen2 pergi ke Kebon Binatang Bandung buat iseng, maen dan jalan-jalan. Seru! Tapi ada satu hal unik, ketika saya pergi ke dekat kandang Zebra, saya tiba-tiba teringat sesuatu hal. Saya baru menyadari bahwa jalan, suasana, dan lahan di daerah itu mirip banget sama apa yang ada di mimpi saya sekitar 1-2 tahun yang lalu. Mimpinya bener-bener ga jelas sih, ga tau ngapain di situ. Tapi mimpi itu ga cuma sekali dan berulang-ulang walaupun saya ga tau dimana itu, makanya bisa langsung inget. Dan anehnya, saya terakhir kali ke Bonbin Bandung itu pas jaman awal-awal SD yang berarti udah sekitar 10-15 tahun dari waktu saya mimpi itu,

Wah, jadi keinget teorinya Sigmund Freud bahwa otak kita itu seperti gunung es di laut yang muncul cuma sedikit bagian sedangkan yang bagian yang tenggelam berlipat-lipat kali banyaknya. Bagian gunung es yang muncul itu namanya Conscius Mind yaitu berisi hal-hal yang masih relatif bisa kita ingat dan kita sadari keberadaannya. Namun sebagian besar otak (atau ingatan) kita adalah Unconscious Mind yaitu berisi hal-hal yang akan sangat sulit kita ingat yang bahkan kita sama sekali tidak menyadarinya seperti kejadian waktu bayi, trauma masa kecil, bahkan keseharian kita pada waktu SD contohnya. Tetapi dengan serangkaian terapi dan hipnotis, katanya ingatan tersebut bisa direcall lagi loh.

Tapi ternyata terjawab kalo itu ingetan masa kecil toh. Haha… (NL)

Tinggalkan Balasan

