Titip Absen!

Baru-baru ini saya mendengar kasus titip absen yang ketahuan di salah satu kelas angkatan bawah di jurusan saya. Kalau boleh jujur, saya sangat kecewa dan menyayangkan terjadinya hal ini. Mengapa? Karena kalau boleh dibilang, setidaknya di angkatan jurusan saya, budaya ketidakjujuran seperti itu hampir hilang. Saya sendiri yang menyaksikan dan mengalami bahwa yang namanya titip absen dan mencontek pada saat ujian hampir tidak pernah saya temui dan menjadi hal yang cukup tabu di lingkungan teman-teman sekitar saya di jurusan yang seangkatan.

Saya justru terheran-heran, mengapa budaya yang menurut saya sangat baik dipelihara oleh teman-teman seangkatan saya tidak terjadi di angkatan bawah. Padahal, kalau kita sudah mulai tidak jujur dari hal yang (sangat) sepele seperti ini, bagaimana jika kita sudah dihadapkan hal yang jauh lebih besar lagi? Uang miliaran rupiah misalnya.

Ini mengapa saya selalu risau dengan mahasiswa yang teriak-teriak akan idealisme yang tidak diterapkan dalam kesahariannya. Jika sifat tersebut tidak berubah, saya sangat yakin bahwa mereka akan menggerogoti negeri ini seperti politisi sekarang yang mungkin 10-20 tahun lalu merupakan aktivis mahasiswa yang penuh akan idealisme. (NL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s