Ga Bisa Pulang, Ga Bisa Berobat, Ga Bisa Makan?

Pernah didatangi seseorang yang berkata tidak bisa pulang karena tidak punya uang?
Bagaimana kalau yang butuh uang berobat karena ia atau anggota keluarganya sakit?
Atau menjual barang buat makan keluarganya?

Yap! Anda tidak sendiri. Dalam dua minggu terakhir, saya pernah ‘didatangi’ tiga kali orang yang berkata seperti di atas. Ketika saya tanyakan anggota keluarga dan lingkungan teman-teman sekitar, ternyata sangat banyak cerita yang muncul dari mereka terkait hal ini. Mungkin ini satu fenomena unik yang marak sekitar setengah tahun belakangan ini.

Bukan berprasangka buruk, namun saya menyarankan temen-temen harus berhati-hati terhadap ini. Yang paling penting dan yang terutama adalah: jangan pernah dan sampai memberikan bantuan dalam bentuk uang, jika benar-benar ingin menolong saya sangat menyarankan berikan apapun yang bisa temen-temen berikan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Jika mereka ingin pulang, carikan tumpangan atau tawarkan kendaraan. Jika ingin berobat, sebisa mungkin antarlah ke rumah sakit. Jika ingin makan, antarlah ke tempat makan.

Saya selalu mempraktekkan hal di atas dan dari seluruh pengalaman saya (sudah sekitar 6x), orang-orang itu selalu berkelit dan diakhiri dengan  mereka sendiri yang membatalkan tanpa alasan yang jelas. Banyak cerita unik dari teman dan keluarga juga terkait ini ketika kita bersikeras membantu mereka selain uang. Buat saya, kalau memang benar-benar ingin menolong ya kita harus total, kalau tidak ingin repot, sekalian aja ngga usah daripada uang tersebut dipakai untuk hal yang lain. Saran-saran di atas boleh temen-temen coba dan lihat reaksi mereka ketika temen-temen benar-benar menjanjikan apa yang mereka inginkan. Selain uang tentunya, haha… (NL)

Tinggalkan Balasan

