Dosen yang Menginspirasi

Saya sangat bersyukur akhirnya saya pernah diajar oleh salah seorang dosen yang bisa saya bilang salah satu guru terhebat sepanjang saya sekolah. Dosen itu bernama Pak Budi Rahardjo.

Pak Budi mengajar dengan cara yang sangat unik namun menginspirasi saya sebagai mahasiswanya. Gayanya mengajar bisa dibilang cukup aneh dan nyentrik. Ia memberikan kebebasan sekaligus tanggung jawab yang besar kepada mahasiswanya untuk absen, mengerjakan tugas, dan ujian dimana anehnya, ketiga hal tersebut sama sekali tidak akan ia masukkan ke dalam nilai akhir mahasiswa. Nilai akhir mahasiswanya hanya berasal dari tugas akhir makalah yang dikumpulkan di akhir semester.

Untuk absen, ia ingin mahasiswa yang masuk ke kelas dia memang siapa yang ingin memperoleh ilmu, bukan hanya sekedar absen.
Untuk tugas, ia ingin mahasiswa mengerjakan tugas untuk menempa dirinya masing-masing, bukan hanya untuk sekedar mendapatkan nilai.
dan ini yang membuat saya kagum…
Untuk  ujian, ia ingin mengetahui di bagian mana mahasiswanya tidak mengerti atau tidak bisa mengerjakan soal, karena dengan begitu, ia bisa tahu di bagian mana ia tidak mengajar dengan cukup baik.

Inpirasi..
Gaya mengajar Pa Budi sendiri sangat menarik, ia selalu menginspirasi mahasiswanya untuk selalu mengeksplorasi banyak hal. Mata kuliahnya pun (Keamanan Informasi) tidak melulu membahas hal-hal teknis, namun banyak hal lain yang ia berikan untuk mahasiswanya seperti bagaimana menulis yang baik, teknik presentasi, technopreneurship, cyber law, dan masih banyak lagi walaupun anehnya, materi kuliah yang teknis pun bisa ia kemas dan ceritakan dengan sangat baik dan menarik.

Ia pun sangat kaya akan pengalaman. Pak Budi adalah seorang Dosen ITB yang dulunya aktivis kemahasiswaan, ia terkenal sebagai blogger nomer 3 di Indonesia, ia seorang ahli teknologi terutama dalam bidang security, ia seorang technopreneur, dan segudang hobi lainnya. Tidaklah heran segudang pengalamannya itu bisa menginspirasi saya untuk terus mengeksplor dan belajar banyak hal. (NL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s