PTN-ku Masa Depan Indonesia-ku

Belakangan ini media (lagi-lagi) sangat heboh dengan pernyataan sang ketua DPR kita, Marzuki Alie, yang menyebutkan bahwa para koruptor di Indonesia banyak yang berasal dari perguruan tinggi negeri di Indonesia. Ya, tentunya kalo bicara soal PTN ga bakal lepas dari nama UI, ITB, UGM, dll.

Sebenernya saya sedikit heran ngeliat respon dari banyak kalangan (mungkin memiliki latar belakang terkait) yang justru merasa tersinggung dengan pernyataan ini. Terlepas dari efek media yang selalu memblow-up masalah dan tidak memberitakan dengan tuntas (dari keynote speech yang saya tonton), kalo kita mau membuka mata dan pikiran, pernyataan ini sebenarnya positif yang justru harus kita resapi sebagai tamparan buat diri kita sendiri untuk melihat bahwa negara ini memang mayoritas selalu dipimpin oleh kader-kader jebolan PTN kita. Dan inilah Indonesia sekarang. Ga usah dipikir lagi kan satu kata yang merepresentasikan masalah terbesar negara ini?

Ada beberapa dosen dan alumni kakak kelas saya pun menceritakan pengalaman nyata mereka tentang bagaimana lunturnya idealisme teman-teman mahasiswanya ketika lulus. Jusuf Kalla pun, dalam sebuah kuliah umum di ITB beberapa tahun lalu, pernah berkata bahwa ITB harus bertanggung jawab atas kondisi Indonesia pada saat ini.

Seharusnya kita menanggapi pernyataan Marzuki Alie tersebut dengan introspeksi, bukan dengan amarah. Terlebih dari itu, ya sebagai mahasiswa, kita harus menanam budaya kejujuran mulai dari hal-hal yang kecil. Saya terkadang sedikit kecewa kalau melihat mahasiswa ITB suka ‘mengutak-utik’ peraturan yang ada di organisasi, menyogok polisi waktu dilitilang, atau hanya sekedar melanggar lampu lalu-lintas namun begitu kerasnya ketika ngomongin soal kebijakan pemerintah atau sejenisnya karena disorot masyarakat. Jadi teringat salah satu kelompok pejabat di atas sana ga sih? (NL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s