Citra dari Media

jokowi-ingin-nonton-guns-n-roses1Pecaya ato ngga, apa yang kita pikirkan sangat banyak terpengaruh dari apa yang diarahkan oleh sang pemilik kekuatan dan informasi. Teringat beberapa pengalaman sejak SD sampai saat ini dimana terdapat teman yang disingkirkan/dimusuhi/dijauhi oleh mayoritas orang hanya karena terdapat masalah dengan beberapa gelintir orang. Seringnya hal tersebut menyebabkan apa saja yang dilakukan sang korban seakan menjadi salah dan menyebalkan.

Nah, kebetulan baru nemuin contoh kongkrit yang banyak orang tahu nih, yaitu ketika Jokowi menonton konser Guns n’ Roses beberapa waktu lalu. Hal ini ditanggapi kebanyakan masyarakat dengan positif tentang ke-luwes-an gubernur yang satu ini. Saya tentunya salah satu yang tersenyum melihat tingkah Jokowi yang tidak kaku, memiliki jiwa seni, dan tidak malu bersentuhan-berbaur langsung dengan masyarakat.

sby-gitar.cvTapi, kalau inget-inget kejadian beberapa tahun yang lalu, hal bertolak belakang terjadi terhadap SBY yang membuat album lagu dirinya. Cibiran dan tanggapan negatif datang bertubi-tubi pada waktu itu bahkan sampai saat ini. Saya termasuk yang heran mengapa orang-orang dengan mudahnya mencibir hal positif yang sebenarnya patut diapresiasi itu.

Jika melihat apa yang terjadi, itulah politik dan itulah hebatnya sesuatu yang dapat menguasai informasi. Dalam kedua contoh di atas, media terbukti sangat berpengaruh dalam membuat citra dan isu. Pola pikir masyarakat dapat dibentuk oleh media dan pada saat ini, dapat dikatakan media lah yang menentukan apa yang ada dalam pikiran orang Indonesia. Oleh karena itu kita perlu pintar-pintar memfilter segala arus informasi agar tidak tebawa kontrol media. (NL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s